Peran Technoaiti Dalam Dunia Perbankan

Peran Technoaiti Dalam Dunia Perbankan

Sektor perbankan telah menggunakan technoaiti untuk melayani kliennya supaya lebih cepat dan juga lebih banyak layanan yang diberikan. Penemuan teknologi yang muncul telah banyak mengubah industri perbankan yang awalnya sebuah bank berbasis kertas dan cabang menjadi layanan perbankan digital dan berjejaring. Biaya internet broadband semakin murah dan canggih membuat transfer data mudah dan cepat. Teknologi juga telah mengubah sistem akuntansi dan manajemen semua bank. Saat ini perubahan terjadi pada cara bank memberikan pelayanan kepada pelanggan mereka. Tentu saja penerapan technoaiti ini membutuhkan biaya yang besar, namun akan memberikan hasil yang tidak terbatas. Berikut ini daftar beberapa peran teknologi aiti dalam sector atau industri perbankan.

Pertama, e-banking: sekarang semua bank memungkinkan untuk memberikan layanannya dengan mudah kepada seluruh pelanggan secara online. Graphical User Interface (GUI) dengan standard yang bagus dikembangkan oleh bank, dengan perangkat lunak ini (mobile aplikasi atau website), pelanggan dapat mengakses detail data nasabah dan transaksi pada bank mereka di komputer sendiri, dapat mentransfer uang dari satu rekening ke rekening lain, mencetak laporan transaksi rekening bank dan mengetahui posisi transaksi dan saldo keuangan mereka. Klien di ujung lain akan dapat membaca informasi dengan jelas.

techno aiti , uang plastik: Kartu kredit atau kartu debit seperti ‘VISA ELECTRON’ semakin menjadikan industri perbankan lebih fleksibel dibandingkan era sebelumnya. Dengan kartu kredit memberikan kesempatan bagi pelanggan dapat meminjam sejumlah uang dari bank untuk kebutuhan membeli barang atau jasa apa pun dan tagihan bank akan diterbitkan nanti. Nasabah bank tidak harus melalui proses yang rumit untuk mendapatkannya. Kemudian dengan kartu debet pelanggan dapat membayar apa pun menggunakan kartu itu dan uang dikurangkan dari rekening bank mereka secara otomatis, nasabah juga dapat menggunakan kartu debet untuk menyimpan atau menarik uang dari rekening mereka menggunakan mesin ATM.

Ketiga, fasilitas self-inquiry: pelanggan bank tidak perlu mengantri atau pergi ke kantor bank, bank telah menyediakan sistem pemeriksaan mandiri sederhana di semua cabang atau di tempat-tempat tertentu yang strategis. Pelanggan dapat menggunakan kartu ATM mereka untuk mengetahui saldo rekening mereka, atau untuk mendapatkan laporan transaksi bank. Tentu saja hal ini sangat menghemat waktu nasabah dan bank.

Ketiga, remote banking: pihak bank telah menempatkan mesin ATM di berbagai tempat; tidak hanya di kantor bank tetapi juga di minimarket, pom bensin, dan tempat-tempat strategis lainnya. Ini memberi kesempatan seorang pelanggan tidak harus ke kantor cabang untuk bertransaksi. Menggunakan fasilitas ini memungkinkan transaksi perbankan dilakukan kapan saja, pelanggan dapat menggunakan mesin ATM untuk menyetor uang ke rekening mereka selama 24 jam nonstop.

Keempat, fasilitas pengambilan tanda tangan: technoaiti telah memberikan peran yang besar dalam rangka mengurangi penipuan bidang perbankan. Contohnya, bank menggunakan teknologi yang selalu melakukan verifikasi tanda tangan atau PIN sebelum pelanggan menarik sejumlah besar uang pada rekening tertentu yang dapat mengurangi kesalahan atau risiko pemalsuan.

Begitu banyak kegunaan lain dari technoaiti di sektor perbankan dewasa ini yang memberika kemudahan bagi pihak bank dan pihak nasabah.

Kareen