Mencoba Bikin Kaos Sendiri

Mencoba Bikin Kaos Sendiri

Dengan berkembangnya dunia fashion, model baju pun semakin banyak variasinya, khususnya pakaian untuk wanita. Bahan kain yang digunakan pun beragam tentunya dengan harga yang berbeda tergantung jenis bahan dan pembuatanya, terutama jika produksinya dikeluarkan oleh desainer dan label ternama, gaun dan jenis baju lainnya yang terpajang di toko ataupun butik pasti biaya yang dicukupkana akan lebih mahal karena kualitasnya tidak perlu lagi untuk diragukan. Tetapi sebagai wanita pastinya selalu banyak pertimbangan untuk kebutuhan lainnya sebelum memutuskan membeli baju yang disukainya. Untuk mensiasatinya, tidak ada salahnya jika anda mencoba bikin kaos serta baju sendiri sesuai dengan model yang anda inginkan. Anda bisa mempersiapkan bahan dan model yang diinginkan saat anda akan mencoba bikin baju untuk acara-acara tertentu sendiri seperti model baju gaun. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai teknik dasar untuk membuat gaun yang bisa anda coba:

1. Pilih kain yang anda butuhkan. Jika anda belum pernah menjahit sebelumnya, pilih bahan yang mudah seperti katun atau merombak baju kaos yang berukuran besar kira-kira 2-3 meter tergantung panjang tubuh anda dan pilih kain yang tebal agar anda tidak perlu menambahkan vuring didalamnya. Untuk warna, corak dan tekstur carilah yang sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Selanjutnya cuci kain yang sudah didapatkan. Setelah mendapatkan kain yang baru di beli di toko kain maupun bahan bekas namun masih layak dan bisa dirombak, anda harus mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan kerutan, noda, bau dari pabrik dan membiarkan kainnya menyusut sebelum dijahit. Setelah dicuci dan dikeringkan lalu setrika agar licin dan siap untuk dijahit.

3. Buat pola yang sesuai dengan anda inginkan untuk bikin baju sendiri atau buat pola tiruan dari gaun yang sudah jadi yang anda punya.

4. Ukur badan anda menggunakan meteran jika menggunakan pola asli. Jika tidak, letakan gaun yang sudah jadi diatas kain yang akan dibikin baju gaun lalu mulailah mengukur.

5. Mulai untuk memotong kain yang sesuai dengan pola yang telah anda buat. Cara memotongnya bagian badan terlebih dahulu kemudian bagian tangannya baru disambungkan dan pastikan saat bikin baju, potong kain bagian depan dan belakang sama rata.

6. Setelah kain dipotong, jahit kain tersebut sesuai dengan petunjuk pola gaun dengan membalikan kain terlebih dahulu sampai bagian dalam kearah luar. Jahit juga bagian leher dengan melipatnya 0,5 cm dan setrika.

7. Kelim bagian bawah. Pinggiran kain sebaiknya diobras dan jahit kelimat agar tidak berserabut.


8. Beri sentuhan akhir. Tambahkan sleting di bagian belakang, renda, manik-manik atau tali di bagian gaun sesuai dengan keinginan anda agar gaun semakin cantik.

Kareen