Harga Jual Chiller dan Fungsi Komponen dalam Chiller

Informasi mengenai jasa service dan jual chiller memang sedang banyak dicari oleh banyak masyarakat para pengguna lemari es chiller. Namun kali bukan hanya tentang harga jual chiller yang akan kami bahas, namun kali ini kami juga akan membahas tentang fungsi dari komponen yang ada pada mesin pendingin tersebut.

Seperti yang tekah Anda ketahui bahwa fungsi dari chiller adalah sebagai mesin refrigasi atau mesin pendingin yang berguna pada bagian evaporatornya. Air dingin yang dihasilkan menuju Fan Coil Unit (FCU) dan Air Handler Unit (AHU).

Umumnya dalam chiller ada dua jenis yang paling sering digunakan berdasarkan cara pendinginan kondensor. Diantaranya adalah:
1. Air Cooled Chiller, merupakan chiller yang menggunakan udara sebagai media pendingin kondensornya.
2. Wter cooled Chiller, meruoakan chiller yang menggunakan air sebagai media pendingin kondensernya.

Fungsi Komponen dan Harga Jual Chiller
Harga jual chiller yang satu dan yang lain tentu saja akan berbeda tergantung pada merk apa yang akan Anda beli. Hal ini dikarenakan setiap perusaah Chiller pasti menggunakan jenis komponen yang berbeda satu sama lainnya. Jikalaupun sama, komposisi dari komponen tersebut tetap akan ada yang berbeda meski satu buah. Berikut ini daftar komponen utama pada Chiller:

1. Kompresor merupakan jantung dari sebuah chiller yang mana kompresor ini berfungsi untuk mengsirkulasikan refrigerant dalam sistem chiller. Selain itu kompresor juga memiliki fungsi untuk menghisap uap refrigerant yang keluar dari evaporator dengan menaikan tekanan uap refrigerant agar titik embunnya naik di atas temperature medium pendingin.

2. Kondensor mrupakan bagian pada chiller yang memiliki fungsi untuk memindahkan panas dari sistem refrigrasi ke media pendingin yang Anda gunakan. Freon AC yang memiliki tekanan tinggi. Selanjutnya panas yang dihasilkan oleh kondensor, akan diserap oleh media yang Anda gunakan seperti air atau udara sehingga menyebabkan uap refrigerant mengembun menjadi cair.

3. Katup Expansi, katup expansi ini merupakan mesin chiller yang berguna untuk menurunkantekanan refrigerant. Dengan katup ekspansi ini tekanan tinggi akan berubah menjadi tekanan rendah. Tidak hanya itu katup ekspansi juga berfungsi sebagaipengontro refrigerant yang masuk ke evaporator. Bagian in merupakan tempat proses pendinginan refrigerant.

Ada 6 macam alat pengontrol refrigerant, diantaranya yaitu:
1. Capillary Tube / Choke Tube
2. Thermostatic Expantion Value
3. Low Preasure Side Value
4. High Preassure Side Value
5. Automatic Expantion Value

6. Hand Opereted Needle Value

4. Evaporator, merupakan komonen yang merupakan tempat untuk refrigerant mengalami penguapan sebagai bentuk penyerapan panas dari udara, air atau bahan lainnya. Terdapa 3 macam kategori chiller yang bergantung pada media atau bahan yang akan didinginkan, diantaranya:
a. Liquid Cooled
b. Air Coooled
c. Evaporator jug abisa membuat es langsung
Untk harga yang dipatok pada chiller berbeda-beda. Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa harganya akan bergantung pada jenis komponen yang digunakan. Demikianlah penjelasan mengenai harga jual chiller dan fungsi dari komponen pada chiller.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *